Powered By Blogger

Selasa, 06 November 2012

When Everything Goes Wrong..

"manusia hanya bisa berencana, tapi Tuhan yang menetukan segalanya"

kalimat seperti ini pasti sering kita dengar, apalagi disaat kita galau atau semua rencana kita gagal sering terngiang kalimat di atas. entah itu dari mulut teman terdekat kita waktu kita lagi curhat, terbaca dari becak atau angkot yang kita tumpangi atau malah terbawa angin yang berhembus sampai ke telinga kita kayak di film-film gitu. :D


ngga semua orang bisa menerima kegagalan. gagal itu ga cuma sekali terjadi sepanjang umur dan hidup kita di dunia. berkali-kali sodara-sodarah!! gagal masuk universitas pilihan, gagal wisuda, gagal buang air besar, gagal ginjal (ehh), gagal nikah, gagal dapat kerjaan dan yang lagi musim sekarang ini gagal move on. semua tergantung manusia gimana cara nyikapin nya. ada yang legowo nerima semua kegagalan itu, ada juga yang ga terima, marah-marah ga jelas, semua kena imbas nya (mm..berasa ngomongin diri sendiri) dan parah nya sampe frustasi, trus bunuh diri. hadeeehh..(jangan yaaa..).
gimana cara kita menghadapi kegagalan itu ya tergantung manusia nya sih, kalo saya ya selama jadi manusia macem-macem cara untuk menghadapi kegagalan, tergantung gagal apa dulu sih.
gagal dapet duit misalnya, yaa paling ngurung diri di kamar sampe ubanan trus kluar-kluar jadi fosil dengan tingkat emosi yang tinggi. kalo gini harap jaga jarak ya lebih kurang radius 3 KM, kalo ga ya ga jamin bakal ga kena semprot muka belipet.. :P

dan seiring berjalannya waktu ada banyak pelajaran yang diambil dari semua kegagalan-kegagalan ini. menurut saya ini semua merupakan pembelajaran dalam hidup. seenggaknya ya sekarang kalo rencana saya gagal saya coba terima dulu dengan kepala dingin, mengikuti alurnya. berpikir mungkin ini ga harus sesuai  dengan rencana yang saya buat. menunggu apa yang akan terjadi selanjutnya, karena saya bukan tipe orang yang selalu menyiapkan rencana B,C atau pun Z jadi ya saya coba meredam emosi dan mengikuti alur yang ada. mungkin Tuhan berkehendak rencana saya ada pada rencana orang lain. yang penting tujuannya tercapai, mungkin cuma jalannya aja yang beda. ya toh??

cieehh...bersahaja sekali ya..ya yaa..jangan berharap lebih. saya ini manusia biasa loh. sehebat-hebat nya menahan segala gejolak emosi akibat kegagalan yang bertubi-tubi saya butuh dukungan juga, butuh sesuatu untuk melepas beban ya kan..
mungkin sekarang cara nyalurinnya aja yang beda, kalo dulu marah-marah sekarang nangis-nangis. kalo dulu senggol bacok sekarang senggol asoy (apakah?). yah dibalik cara-cara itu kadang hanya sebuah pelukan dan kalimat "semuanya bakal baik-baik aja..tenang aja laahh.." dari orang yang paling kita harapkan ngelakuin itu semua, kayaknya semua kegagalan itu ga separah yang kita bayangkan. rasanya lepas semua beban dan siap ngadapin beribu kegagalan lain yang ada di depan...essseehh...
yaahh...karena saya manusia biasa, dan saya berusaha untuk terus ingat bahwa masih ada yang lebih punya kuasa atas rencana-rencana manusia.


1 komentar:

  1. ehem ehem~~ dalem banget makna isi pantun *apakah* ^^ diatas,,, semoga semua baik baik aja ya hann,,, ayo semangat!! kegagalan itu cambuk untuk sukses lhoo~~

    BalasHapus